Rabu, 22 Desember 2010

adm

Ruang lingkup Administrasi Pembangunan yang dikembangkan di negara-negara yang sedang berkembang mempunyai karakteristik, ruang lingkup yang berbeda dengan negara-negara yang sudah maju. Akibat perbedaan tersebut maka cakupan Administrasi Pembangunan di negara-negara berkembang berbeda dengan di negara-negara yang telah maju. Mengenai ruang lingkup Administrasi Pembangunan, Bintoro Tjokro amidjojo mengemukakan bahwa administrasi pembangunan mempunyai tiga fungsi yaitu:
·         Penyusunan kebijaksanaan penyempurnaan Administrasi Negara yang meliputi : upaya penyempurnaan organisasi, pembinaan lembaga yang diperlukan, kepegawaian dan pengurusan sarana-sarana administrasi lainnya. Ini disebut the development of administration yang kemudian lebih dikenal dengan istilah “administrative reform”.
·         Perumusan kebijaksanaan-kebijaksanaan dan program-program pembangunan di berbagai bidang serta pelaksanaannya secara efektif. Ini disebut the administration of development.
·         Pencapaian tujuan-tujuan pembangunan tidak mungkin tidak mungkin terlaksana dari hasil kegiatan pemerintah saja. Oleh karena itu, ada fungsi lain yang penting dalam administrasi pembangunan yaitu membangun partisipasi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar